Tips Menabung dengan Metode Kakeibo

The Loggia, Jakarta Selatan – Menabung atau menginvestasikan uang merupakan suatu langkah penting untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Terkadang ada saja godaan untuk berbelanja atau keinginan tidak penting yang harus dipenuhi, sehingga menabung menjadi suatu hal yang sulit dilakukan. Bagi Anda yang kesulitan menabung, Anda bisa mencoba metode Kakeibo yang berasal dari Jepang berikut ini.


Kakeibo merupakan cara menyimpan uang dengan melakukan pembagian keuangan ke dalam empat bagian yang telah ditulis di dalam buku, bukan pada gadget atau software aplikasi. Meski terkesan kuno, metode ini dipercaya dapat menghemat keuangan Anda hingga mencapai 35%.


Empat kolom utama yang harus Anda isi dengan keuangan Anda adalah:

1.     Survival

Anda bisa menempatkan kebutuhan pokok Anda seperti makanan, ongkos perjalanan, dan obat-obatan ke dalam kolom ini.

2.    Optional

Pada kolom ini, Anda hanya bisa menempatkan uang jajan tambahan, uang untuk berbelanja, dan uang sisa untuk sesekali makan di restoran luar.

3.    Culture

Segala kebutuhan hiburan Anda bisa Anda tambahkan pada kolom ini, misalnya buku, film, atau album lagu,

4.    Extra

Kebutuhan tambahan seperti biaya perbaikan rumah, kado untuk orang terdekat, atau pembayaran servis extra bisa Anda tambahkan pada kolom ini.

 

Dengan membagikan keuangan Anda ke dalam empat kolom tersebut, Anda bisa merangkum seluruh pengeluaran dan pendapatan Anda secara lebih mudah pada akhir tahun. Anda juga diwajibkan untuk menghentikan berbagai kebiasaan yang membutuhkan biaya lebih, seperti merokok atau membeli kopi yang mahal.


Dalam buku Kakeibo, terdapat juga 4 pertanyaan utama yang harus Anda renungkan untuk mengelola keuangan Anda, yaitu:

1.     Berapa uang yang Anda memiliki?

2.    Berapa uang yang akan dibelanjakan?

3.    Berapa sebenarnya uang yang dapat dibelanjakan?

4.    Bagimana cara melakukan perbaikan keuangan?

 

Anda juga bisa lebih mudah melakukan metode ini dengan menyimpan uang Anda ke dalam amplop, sehingga jika jumlah uang pada amplop yang Anda gunakan telah abis, Anda bisa membatasi diri Anda dengan tidak mengambil uang lebih dari amplop lain.

Jadi, apakah Anda tertarik? (JES)